Sabtu, 01 Juni 2013

Baliku Sayang atau Bliku Sayang??

Minggu pagi di awal bulan adalah waktu yang tepat buat jalan jalan , pun dengan keadaan langit yang seirama dengan suasana kantong mahasiswa ,sama sama cerah :D , seharusnya saya jalan jalan kali ya... tapi saya masih disini, di kamar seukuran 4x4 yang saya sebut 'pluto' , masih dengan keadaan yang sama , tatap tatapan sama laptop , sekarang saya lagi buka wmp,office,stiky note(daftar tugas),netbeans sama google chrome ,, tapi yang paling lama nemenin saya itu chrome... entah harus terima kasih atau marah marah sama om chrome, tapi yang jelas ini bukan salahnya dia.. ini salahnya salah satu teman saya yang katanya paling pintar 'smartfrend' :D ,okelah openingnya ga lama lama,,,,jadi tujuan saya posting tulisan ini adalah ingin share   bagaimana pengalaman saya dalam perjalanan pulang ,malang-bali(dalam hal transportasi), agak menyimpang dari judul juga, tapi gak apalah :)
Kalo temen temen mau ke bali ada beberapa alternative transportasi yang bisa temen temen gunakan , bisa di pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial masing masing
1.Bis Malam
nah ini alternative yang paling sering saya gunakan, harganya variatif , tergantung kondisi dan bis apa yang temen temen gunain, berkisar antara 70-150 , saya sering naik pahala kencana dan kena tarif 120 , dari fasilitas semua sama , tempat duduk dan makan malam :D , tapi bedanya dari kualitasnya,, kalo bis yang mahal semacam gunung harta katanya nyaman banget, tapi menurut saya sama saja antara bis 70 ribu dengan bis 120 ribu, tergantung individu masing masing :D nah untuk dapetin bisnya saya anjurkan temen temen jangan beli di agennya,, langsung saja dateng ke terminal arjosari  nanti banyak yang nawarin disana... harganya lebih terjangkau, usahakan jam 5 udah d arjosari, cz jam 6 udah take off#ehh. ohya ada 1 kekurangan kalo kita naik bis malam , final destinationnya cuma nyampe terminal mengwi :( gak nyampe ubung,tapi gak masalah buat saya yang turunnya di kota negara.  Lama perjalanan malang-negara itu sekitar 9 jam untuk ke mengwi nambah 4 jam lagi , jadi 13 jam :D
2.Travel.
Pada tau travel kan ya?? biasanya kendaraan travel itu kayak minibus, muatannya gak lebih dari 10 orang,sepanjang saya naik travel gak ada kelebihan yang lebih berarti selain kita di jemput di depan rumah , itupun kalo rumah kita di sekitar kota yang deket dengan kantornya, kalo enggak ya kita bakal dapet biaya tambahan, tarif travel di hari biasa itu 150 ribu (yang saya pernah naikin itu cipaganti) kalo hari raya bisa sampe 200 an lebih. Dari segi kenyamanan , menurut saya lebih nyaman dengan bis, sopir travel di tuntut untuk datang ontime sedangkan selain penumpang travel juga menerima titipan barang yang notabene harus di jemput di rumah pelanggan, jadi lebih lama, dan jangan heran kalau di jemput travel bisa setelah isya, #pengalaman nungu sampe garing# , oleh krna itu jangan salahkan sopir kalo dia ngebut sampe penumpang yang gak biasa , bisa muntah muntah . Lama perjalanan dengan travel bisa lebih cepat , tapi tetap saja nyampe nya siang.. nyampe negara sekitar pukul 7. ohya kalo mau naik travel  tinggal telfon kantornya, kasihkan alamat lengkap , di jemput deh :)
3.Kereta Api.
alternative kali ini bisa di bilang sangat ekonomis , tapi itu dulu sebelum tarif KA Malang - Banywanngi naik, dulu 18.500 , trus naik feri 6000 1 orang (Stasiun ketapang sama pelabuhan deket banget, jadi bisa di jangkau jalan kaki) ,nyampe gilimanuk naik bis sesuai tujuan, kalo ke ubung kira kira 30 an, jadi total 54.500 udah nyampe bali :)  kalo sekarang tarif KA sudah 50 ribu ,jadi total nyampe bali 86 ribu (mending naik bis malam yang murah, gak oper oper dapat makan malam lagi) . Nah untuk waktunya.. KA takeoff sekitar jam 14.30 wib nyampe ktapang sekitar jam 11 malam, nyampe gilimanuk jam 1 wita.. untuk ke denpasarnya nambah 4 jam lagi, dan itu dalam keadaan malam. Tapi jangan khawatir, temen temen bisa istirahat di masjid atau mushola deket pelabuhan untuk nunggu pagi.


(to be continued....)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar