Sabtu, 26 Januari 2013

The Special One :Si Hitam Manis dari Kota Anggur (Fitri Apriliani)

Hidup itu susah.. jadi aku susah.. apalagi jadi kamu.. dia.. atau mereka.. tapi jika di jalani.. everything gonna be oke. ^_^
24 Januari 2013.. adalah hari special buatku.. hari ini aku akan bertemu teman dunia maya yang lumayan menginspirasi , Fitri Apriliani.. ummm.. sekitar  pertengahan 2010 , entah aku lupa bagaimana tepatnya cerita sehingga aku ada keinginan untuk menambahkan akun facebook dengan nama Fitri Gitu Ajah sebagai teman . Setelah di terima fitri mengirim pesan yang isinya “adiknya masnurul yah??”
“iya.. ^_^”  … oh ternyata fitri kenal dengan Masnurul  waktu  fitri PKL di kampus kakak.. Fitri adalah siswi kelas 2 di salah satu SMK IT di Singaraja (Kota Penghasil Anggur di Bali) dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan.  So.. what the special of the girl?? Fitri itu  perempuan pertama yang ku kenal menggunakan jilbab di sekolah umum.. di sekolah yang ga ada bau bau islamnya di bali.. sekolah IT lagi.. dan setelah ku telusuri ,sekolahnya merupakan sekolah favorit.. jilbab yang dia gunakan pun bukan jilbab pengikat leher atau yang terawang2 … mungkin kalau di jawa siswi berjilbab di sekolah umum (non madrasah) itu udah lumrah, tapi beda hal dengan pulau dewata, dari Karena itu memilih madrasah sebagai tujuan sekolah ku adalah harga mati. Kalau aku jadi fitri.. aku ga bisa… aku ga bisa bayangin gimana tekanan yang di hadapin fitri selama 3 tahun menjadi yang terasingkan.. mungkin temen2 yang ga pernah sekolah di bali ga akan pernah bisa ngerasain gimana jadi minoritas, gimana jadi siswa yang ni nomor sekiankan.Nah.. Spesial kan dia??setelah percakapan singkat lewat chat fb akhirnya kami sering smsan..
Okee kemarin aku seharian  bersama fitri.. lewat pesan singkat yang memberitahukan kalau dia akan kenegara untuk jemput adiknya, aku ajak fitri untuk menginap di rumahku.. ohya fitri punya adik perempuan yang sekolah di Negara.. namanya Sukma..
Sekitar pukul 2  sms fitri datang lagi ,, memberitahu kalau dia sudah di Negara.. tepatnya di tower kota, keadaan hujan memaksa ku untuk belum beranjak juga sampai jam 3,, yahh ,, tepatnya karena waktu itu kami . aku. Ibu dan amang sedang terjebak huujannn petir di tengah jalan.. berteduh di bale milik orang bersama bbrpa korban kehujanan lainnya.. hehehe.. kemarin itu mau ke rumah embah , eh di tengah jalan hujan dateng.. butirannya gede gede banget -_- ada sekitar setengah jam di tahan ujan.. akhirnya ngelanjutin perjalanan ke rumah embah.. setelah sampe sana.. aku izin mau pulang soalnya ada temen.  Langsung capcus ke tower Negara .. Perjalanan ke sana ada sekitar 20 menitan lah paling lama .. Suasana syahdu itu adalah suasana selepas hujan.. hehe.. apalagi latarnya tower Negara…  Bangunan kesenian di kelilingi kolam dengan lapangan papin yang umm menurut ku warnanya merah kalo ujan (pas nulis ini ngebayangin papinnya gimana).. yah 11 12 lah sama lapangan merah yang di moskwa.. hehe (lebay).. Hening sekali suasananya.. tumben ni tempat sepi, biasanya selalu rame.. Cuma ada 2 perempuan di pojok barat selatan, itu ga mungkin fitri.. cz ga pake kerudung..  akhirnya ku parkir scopy merah kakak di dekat bangunan kesenian, di samping motor skywave hijau yang lagi sendiri.. yah itung2 ni motor biar ada temannya lah.. ku sms fitri dan beberapa menit kemudian perempuan hitam manis berjilbab abu abu  hampirin aku dengan senyum merekah .. cantik.. cantiikk sekali .. anggun sih tepatnya.. exactly.. ini fitri..  kulitnya hitam manis, senyumnya manis, kerudungnya rapi, tingginya umm.. sekitar 10 cm lebih pendek dari aku yang gigantisme ini -_- , pertemuan hangat pun ga bisa di hindarkan (maap lebay) ,  ga ingin lama lama di tower aku langsung ajak fitri kerumah .. ohya motor skywave hijau tadi adalah motornya fitri.. ini yang namanya radar  ^_^ bagi orang baru mungkin jarak rumahku dengan kota sangat amat jauh… sepanjang perjalanan fitri ga henti henti toleh kanan toleh kiri menikmati suasana paling syahdu sedunia di negeri makepung bali.. sepanjang jalan ke rumah ku memang di suguhkan dengan panorama yang ga bisa di bilang biasa apalagi yang datang orang singaraja , sekedar informasi, singaraja itu kota yang kering dan gersang .. panas yahh itu lah kesimpulan yang bisa ku kasih ke kota penghasil anggur ini.. **back to perjalanan kerumah ** kavlingan sawah lengkap dengan tanamannya (jelaslah) mungkin hal yang ga biasa buat fitri.. di beberapa puluh meter setelahnya, Nampak lagi kavlingan  tambak tambak udang dengan volume air yang bertambah karena hujan.. lagi lagi fitri Nampak terpesona , jika volume air sudah melebihi kapasitas, air itu akan menggenangi jalan.. tapi ga sampe seperti Jakarta .. dan kadang akan ada binatang air sejenis biawak yang entah apa namanya lewat jalan..  beberapa meter lagi akan ada pemandangan seperti hutan mangrove dengan jempatan super panjang dan hanya bisa di lewati maksimal 1 APV..  mungkin disini fitri akan merasa takut naik motor sendirian..
Eheheh..tadi  baru opening nyampe rumah..  hummm capek juga yah..  setelah istirahat sebentar , fitri minta di anter ke pantai perancak.. pantai yang sering di pake selancar.. cz ombaknya lumayan besar .. sebelumnya aku ga pernah kesana , Cuma lewat doank.. soalnya aku bosan dengan pantai.. nyampe di pantai perancak di sapa dengan pemandangan perahu  perahu yang lagi bersandar di muara .. ternyata bagus juga yah.. dan di tkpnya lebih bagus lagii.. bibir pantainya luuuaaaassss banget.. pertemuan air sungai dan laut di depan mata .. disini aku banyak bertanya tentang fitri bagaimana dia bisa mempertahankan jilbabnya di tengah susasana super minoritas kayak gitu..
Waktu pertama masuk SMK.. fitri sering di diskriminasi oleh teman temannya.. dan sedikit guru.. sampe salah satu temannya sempat mengatakan dia teroris .. yah walaupun dengan nada bercanda lah..fitri cuek aja.. ga peduli dengan perkataan orang .. dia lebih takut tuhannya dari pada hujatan manusia.. tapi fitri sempat terperangah waktu teman yang sempat bilang dia teroris itu membela nya  di tengah  ejekan adik adik kelas fitri.. ** ini yang namanya the power of istiqomah **  ohya sekarang fitri udah kuliah semester 2, sebenarnya seangkatan dengan aku, tapi fitri nunda 1 tahun untuk kerja , jadi guru di tk.. cocok banget deh fit.. wajahmu itu lembut, keibuan… perfect girl.. >.< Fitri kuliah di undiksha dengan jurusan teknologi pendidikan.. dan merupakan sesuatu yang sangat waww saat aku tahu IP smster 1 nya 3,6 .. bukan apa apa.. tapi setahuku sangaattt sudah mendapat IP tinggi  bagi kalangann jilbaber di sana.. kata temenku sih gitu.. setelah ku Tanya fitri “loh fit.. bukannya disana diskriminasi dari dosennya kuat banget yah??” .. “Alhamdulillah di jurusanku smster ini enggak im.. malah dosen yang agama lain itu yang ngingetin aku solat kalo udah waktunya, soalnya di awal awal aku selalu minta izin untuk solat .. tapi aku keselnya temen2 lain yang agamanya islam yang jelekin islam itu sendiri”  oo begitu .. fitri memang perempuan yang pintar .. kuliah ini dia dapat beasiswa bidik misi.. walaupun udah kuliah tapi fitri masih tetap ngajar TK loh. Hummm hebat yah.. di tengah kesibukan kuliah dan orgaisasi ini itu dia masih sempat untuk ngajar .. J  setelah puas menikmati keindahan pantai perancak , aku ngajak fitri ke jembatan panjang yang tadi kita lewati.. cz aku lihat fitri  pengen banget kesana.. yahh bener aja.. fitri juga bilang “bali itu luas yah… ternyata ada tempat kayak gini hehe…
Fitri juga pandai bergaul.. pintar menarik hati ..  terbukti dengan cepatnya dia akrab dengan keluargaku.. sempat bincang bicang dengan ibu soal keluarganya.. fitri adalah anak ke 8 dari 10 bersaudara… ayahnya asli Lombok dan ibunya asli singaraja .. Nenek fitri dari ibu dulunya adalah muallaf , jadi ada om atau tante nya fitri yang masih beragama hindu.. ayahnya berprofesi sebagai tukang pijat, sedangkan ibu nya sedang sakit stroke .. tangan kanannya ga bisa di gerakkan tapi Alhamdulillah masih bisa jalan . subhanallah banget kamuu fit.. aku ga bayangin kalo aku jadi kamu.. yah itulah hidup.. kita di ajar alam.. kita di tempa pengalaman sehingga menjadi kuat ..
Sosok seorang fitri  kayak malaikat  buatku.. ceritanya seperti karangan .. kayak cerita cerita di TV..  pintar, sopan,ramah…  dan yang terpenting adalah solehah .. amiinn.. semoga masih ada fitri fitri lainnya di bali yang mampu mempertahankan islam di tengah minoritas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar